Salah Gendong Penyebab Kepala Bayi Peang

Salah Gendong Penyebab Kepala Bayi Peang – Ternyata salah gendong bisa menyebabkan kepala bayi peyang. Kepala Bayi Peang, Penyebab Kepala Bayi Peang, Mencegah Kepala Bayi Peang. Menggendong itu hal sederhana yang memiliki efek besar dalam membentuk perilaku dan mental anak di masa besar mereka. Akan tetapi, itu selagi ibu menggendong dengan cara yang benar.

Hal itu seperti dijelaskan dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, dokter spesialis anak dari Sentra Laktasi Indonesia. Dia menjelaskan masih banyak para ibu menggendong anak dengan cara yang kurang benar. Mereka cenderung menggendong dengan cara menyamping atau memosisikan kepala anak pada tangan mereka. Padahal, kesalahan menggendong anak bisa membuat tempurung kepala anak jadi berubah atau peang.

Salah Gendong Penyebab Kepala Bayi Peang

“Kenapa bisa membuat kepala peang? Tempurung kepala anak baru lahir kan masih lembek ya, masih bisa kebentuk-bentuk. Nah, kalau memosisikannya itu menyamping, yang berarti akan beradu tulang dengan tulang. Jelas yang akan berubah tempurung kepala si anak,” katanya dalam acara bertema “Smart Mom: For Thinking Mother” di SHY Roof Top (The Papilion), Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 30 April 2014.

Lantas bagaimana cara menggendong yang benar?

“Tekniknya, tangan kanan memegang leher dan kepala dan tangan kiri memegang badannya, lalu kepala anak deket dengan kita, peluklah di dada kita. Hal itu sendiri agar kita mudah melihat perubahan ekpresi anak. Anak itu kan tidak bisa bicara, jadi kalau bentuk ketidaknyamanan sampai haus, dia akan menumpahkannya dalam ekspresi, apakah itu menangis dan lain-lain. Yang pasti, seorang ibu yang lebih tahu,” terangnya.

Jika Anda memakai alat bantuan untuk menggendong, pastikan memakainya tidak menyamping. Jadi, anak harus dengan kondisi di dada ibunya dan pastikan juga alat itu memapah badan dan kaki dengan benar, tambahnya.

Sumber: http://health.okezone.com/read/2014/05/01/483/978715/ingat-salah-gendong-bikin-kepala-bayi-peang

Advertisements

Baca juga: