Gunung Merbabu Mengeluarkan Suara Dentuman

Gunung Merbabu Meletus? Merbabu Mengeluarkan Suara Dentuman – Inilah update berita terkini Gunung Merbabu Mengeluarkan Suara Dentuman.

Puluhan rumah di Dusun Krajan, Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan yang terletak di lereng Gunung Merbabu rusak diduga kerena gempa, Senin (17/02/2014). Selain gempa, warga juga mendengar suara dentuman keras yang terdengar hingga beberapa kilometer dari Gunung Merbabu.

Gunung Merbabu Meletus? Merbabu Mengeluarkan Suara Dentuman

Ketua RT 01 RW 02, Dusun Krajan Desa Sumogawe, Kabupaten Semarang menuturkan, kejadian sekitar pukul 06.00 WIB. Sebelumnya terdengar suara ledakan keras kemudian warga merasakan ada getaran seperti gempa bumi. “Sebelumnya terlihat kilat dari arah Gunung Merbabu, terus terdengar suara ledakan dan bergetar,” ujarnya.

Sebanyak 17 rumah rusak dan temboknya retak. Rumah paling parah milik Suwarji (51) warga di RT 01 dengan kerusakan genteng rontok, kaca jendeal pecah dan tembok retak.

Sumber: http://krjogja.com/read/205224/gunung-merbabu-mengeluarkan-suara-dentuman.kr

UPDATE TERBARU GUNUNG MERBABU:

BPDB Jateng: Dentuman Misterius Bukan dari Gunung Merbabu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Jawa Tengah memastikan, dentuman keras dan gempa yang dirasakan warga sekitar lereng Gunung Merbabu bukan berasal dari gunung tersebut. Gempa yang terjadi sejak pukul 06.00 WIB itu telah membuat sejumlah rumah warga rusak.

“Saya langsung hubungi Mas Bandriyo dari pos pemantauan Merapi. Tapi Merapi Aman, Merbabu juga aman,” kata Kepala BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana saat dihubungi dari Semarang, Senin (17/2/2014) malam.

Sarwa menambahkan, dentuman misterius itu bukan berasal dari Gunung Merbabu, namun suara lain yang kebetulan muncul bersamaan dengan getaran. “Dentuman itu belum diketahui asalnya, mungkin suara lain tapi bersamaan dengan getaran,” ucap Sarwa.

Puluhan warga Desa Sumogawe Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang panik saat terjadi gempa sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi. Sekitar 16 rumah rusak ringan dan 1 rumah rusak berat.

Warga Sumogawe, Suparman mengaku getaran itu cukup kuat hingga genteng di rumah warga jatuh dan tembok rumah rusak. Selain itu ada warga yang melihat cahaya seperti kilat di Gunung Merbabu.

“Ada suara ‘dum!’ terus bergetar kira-kira 1 menit. Enggak cuma goyang, foto yang ada di buffet saja sampai jatuh. Ada juga yang melihat cahaya seperti kilat dari Gunung Merbabu,” ungkap Suparman.

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Badan Geologi Surono fenomena tersebut merupakan gempa tektonik biasa. Gempa itu merupakan akibat dari meletusnya Gunung Kelud. “Itu gempa tektonik biasa. Jadi nggak perlu dikhawatirkan,” ucap dia saat dihubungi Liputan6.com.

Dia memastikan, gempa tersebut tak akan membangunkan Gunung Merbabu yang sedang ‘tidur’. “Nggak, itu kejadian biasa,” jelas Surono.

Sumber: http://news.liputan6.com/read/829808/bpdb-jateng-dentuman-misterius-bukan-dari-gunung-merbabu

Advertisements

Baca juga: