Bagaimana Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang?

Bagaimana Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang? – Inilah trik dan tips Bagaimana Cara Mudah Melacak Ponsel Android yang Hilang dengan layanan Android Device Manager, sehingga ada pelaung ponsel tersebut dapat ditemukan kembali.

Pernah tidak Anda lupa menaruh Smartphone Android Anda? Atau mungkin juga Anda pernah kehilangan Smartphone Android? Bagaimana cara melacak ponsel android tersebut?

Bagaimana Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang

Google yang telah meluncurkan layanan pencari ponsel hilang bagi pengguna smartphone atau tablet berbasis Android. Layanan bernama Android Device Manager (ADM) ini bisa mencari letak ponsel Android yang hilang dan melindungi semua data yang ada di dalamnya. Apple adalah smartphone pertama yang menanamkan fitur ini di iPhone dengan nama aplikasi Find My iPhone. Sekarang, Android juga mempunyai fitur ini. Google menambahkan fitur ini bukan hanya di Android Jelly Bean rilisan terbaru saja, bahkan smartphone jadul seperti versi froyo (2.2) bisa menikmati fitur ini. Tool yang diberi nama Android Device Manager tersebut sudah resmi dirilis oleh Google beberapa waktu lalu dan sudah bisa digunakan.

Caranya mengaktifkannya?

Untuk mengecek apakah fitur ini sudah tersedia, masuk ke Menu Setting > Location and Security > Device Administration.

Jika sudah ada menu “Pengelola Perangkat Android” atau “Android Device Manager” terpasang, artinya Anda sudah bisa memakai fitur ini.

Agar Fitur ini bisa berjalan, ada 3 syarat tambahan yaitu

– Paket data/GPRS/3G harus aktif,
– GPS harus diaktifkan (untuk fitur deteksi lokasi),
– smartphone dalam posisi hidup.

Apa saja fiturnya

Fitur dari Android Device Manager saat ini ada 3 (tiga) dan kami yakin ke depannya fiturnya akan semakin banyak. Berikut ini adalah fitur-fiturnya.

– Membuat telepon berdering (ring device).
– Mengetahui lokasi.
– Menghapus data dan mengunci perangkat.

Cara Memakai

Berikut langkah cara memakainya:

– Cek Google Settings pada perangkat Android, lalu pilih Android Device Manager.
– Buka web browser pada PC Anda.
– Login akun Google atau Gmail.
– Buka halaman www.google.com/Android/devicemanager melalui browser.
– Setelah itu, Anda dapat mengendalikan perangkat Android yang Anda miliki mulai dari menderingkan ponsel sampai menghapus dan mengunci perangkat Android Anda.
– Selamat mencoba.

Sumber: http://www.xl.co.id

Demikianlah cara melacak ponsel android yang hilang dengan layanan Android Device Manager. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Baca juga: